Selasa, 12 Februari 2013

10 Gitaris Terhebat Sepanjang Masa

link : 10 gitaris terhebat 



Untuk menjadi yang terbaik, seseorang dituntut tidak hanya mempunyai kemampuan intelektual, tehnikal dan komunikasional yang memadai, tapi juga harus memiliki dedikasi yang tinggi, pengaruh yang kuat, serta  ide-ide brilian yang mampu mediferensiasikan dirinya dari orang lain.
Seorang gitaris yang hebat bukan hanya gitaris yang menyajikan besotan-besotan senar dengan tehnik yang tinggi, tapi bagaimana ia dapat membuat pendengar mampu membedakan permainannya dengan gitaris lain dan dapat memberikan inspirasi pada generasi selanjutnya.
Nama-nama dibawah setidaknya telah membuat para pemain gitar seantero jagat berdecak kagum serta enggan untuk melepas perangkat pendengar musik yang menempel di telinga mereka. Nama mereka akan terus bergema, seiring karyanya yang telah memberikan warna.
10. Kurt Cobain
Spoiler for :
Permainan gitar sarat pemberontakan dan kegelisahan mungkin melekat pada musik Grunge yang diteriakkan oleh Kurt Cobain dan Nirvananya. Meski demikian, aliran musik yang gitarnya identik dengan distorsi kasar dan cord yang terdengar sumbang  ini sukses mengakhiri era glam metal dan alternative rock yang merajai tahun 1980-an.
Melalui Album Nevermind yang dirilis tahun 1991, ambisi bermain gitar Cobain dengan berani dan percaya diri mendobrak paradigma orang-orang tentang cara bermain gitar. Glam metal dan alternative rock yang sarat dengan teknik bermain gitar tingkat tinggi digantikan dengan explorasi scale besar-besaran, feedback   yang meledak-ledak dan penggunaan grip-grip sederhana yang tidak masuk akal. Dengarkan saja iseng-iseng Cobain di lagu semacam Breed dan Endless Nameless, dijamin bakal mengerutkan kening.
Cobain juga telah berhasil menggabungkan cara bermain The Beatles, hardcore punk dan fatalist folk blues menjadi sebuah kemasan baru yang segar. Alhasil, publik musik tidak akan pernah merupakan kegalakan Smell Like Teen’s Spirit, lagu yang didaulat majalah rolling stone sebagai satu dari sepuluh lagu terbaik yang pernah dibuat musisi sepanjang masa itu merupakan lagu yang paling digemari di era 90-an. Come as you are, Something in The Way dan Where Did You Sleep Last Night juga  terdengar manis kala itu.
Kurt Donald Cobain meninggal pada 5 April 1994 di usia yang masih muda, 27 tahun. Mengetahui hal tersebut, banyak penggemar setianya berbondong-bondong membeli album terakhirnya dan menyusul sang idola ke alam baka. Sampai saat ini, Nirvana dengan Cobain sebagai front man telah berhasil menjual sekitar 25 juta album di Amerika dan 50 juta album di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar